Bahasa Arab Itu Mudah

Bahasa Arab Itu Mudah

بسم الله الر حمن الر حيم السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ MUQADDIMAH? ? Bahasa Arab Itu Mudah Segala puji bagi Allah Subha

1# Definisi Kalam dalam Bahasa Arab – Matan Al-Jurumiyah
Tulisan Arab Assalamualaikum Beserta Maknanya
2# Ciri-Ciri dan Tanda Isim Dalam Bahasa Arab

بسم الله الر حمن الر حيم

Silahkan daftar atau login(GRATIS) terlebih dahulu untuk men-copy.. Barakallahu fiikum..

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

MUQADDIMAH?

? Bahasa Arab Itu Mudah

Segala puji bagi Allah Subhanahu Wa ta’ala, shalawat dan salam untuk Nabi Muhammad Shallallahu alaihi Wasallam, keluarga dan sahabatnya serta umatnya hingga akhir zaman.

?Wajib bersyukur kepada Allah atas nikmat Islam yang agung ini, dan kita kaum muslimin memiliki dua pedoman yaitu Al-Quran dan Hadits.

?Keduanya berbahasa Arab, alangkah bahagianya seorang muslim yang bisa berbahasa arab, dengannya ia dapat memahami keduanya dengan lebih baik, tetapi banyak juga dari saudara-saudara kita kaum muslimin belum bisa Bahasa Arab.

? Kunci ilmu dalam Islam adalah Bahasa Arab, oleh karena itu kita sangat dianjurkan untuk mempelajarinya, diantara ilmu-ilmunya adalah Nahwu dan Sharaf

?Dengan menguasai ilmu ini, maka seseorang memiliki kesempatan besar untuk mendalami Al-Qur’an dan Hadits, tapi sangat disayangkan ketika ada sebagian dari kaum muslimin yang mengatakan bahwa bahasa arab itu terutama ilmu Nahwunya merupakan ilmu yang susah, dan sangat memprihatinkan ketika pernyataan tersebut diaminkan oleh banyak dari kaum muslimin, sehingga tanpa disadari sebagian kita masuk dalam jaring-jaring kekeliruan ini, yang tanpa disadari pula bahwa hal ini justru memudahkan program musuh Islam yang ingin menjauhkan kaum muslimin dari kitab suci mereka, dimana diantara cara yang mereka gunakan adalah dengan menyerang bahasanya, sehingga semakin jauhlah kaum muslimin dari Agama Islam yang agung ini.

Ngaji:
Tulisan Arab Assalamualaikum Beserta Maknanya

?Dalam muqaddimah ini saya hanya ingin mengatakan bahwa bahasa arab itu mudah, oleh karenanya marilah kita simak perkataan Syeikh Muhammad bin Shalih Utsaimin rahimahullah tentang mudahnya belajar ilmu Nahwu, beliau berkata :

?” Sesungguhnya ilmu Nahwu adalah ilmu yang mulia, ia merupakan ilmu wasilah yang dengannya dapat menghantarkan kepada dua perkara yang penting :

✅ Pertama : Memahami kitabullah dan sunnah Rasul-Nya shallallahu alaihi wasallam, karena memahami keduanya berpijak kepada pengetahuan tentang ilmu Nahwu.

✅ Kedua : Meluruskan lisan ( kita ) diatas lisan Arab, yang dengannya kalamullah itu turun, oleh karena itu memahami Nahwu merupakan perkara yang sangat penting, akan tetapi Nahwu awalnya susah dan akhirnya mudah, ia diumpamakan bagaikan rumah kayu yang berpintu besi yakni memasukinya sulit, akan tetapi jika anda sudah memasukinya akan mudah bagi anda segala sesuatunya, oleh karena ini, hendaknya seseorang bersemangat untuk mempelajari dasar-dasarnya sehingga mudah baginya untuk ( memahami ) sisanya, tidak usah dianggap perkataan orang yang mengatakan bahwa Nahwu itu susah, sampai-sampai seorang penuntut ilmu membayangkan bahwa ia tidak sanggup untuk menguasainya, sesungguhnya hal ini tidak benar, akan tetapi hendaknya anda konsentrasi diawal,sehingga akhirnya akan mudah bagi anda. ”

(Syarhu al-Ajurrumiyyah : 9-10)

Semoga Allah memberikan kemudahan untuk kita semua dalam mempelajari agama-Nya.

?Akhukum : Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc.

➡Pembina Lembaga AL-ANSHAR
➡Pemateri Group MJA (Madrasah Jurrumiyyah AL-ANSHAR)
➡Penulis Buku Tajwid Imam Asy-Syafi’i
➡Pengisi RodjaTV

Ngaji:
1# Definisi Kalam dalam Bahasa Arab - Matan Al-Jurumiyah

Baarakallahu Fiikum?

➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖

Sumber: Group WhatsApp MADRASAH JURRUMIYYAH

COMMENTS

WORDPRESS: 1
  • comment-avatar
    Ikhsan Abu Disa 8 bulan ago

    Jazakallah Khairan Akhi

  • Login/daftar untuk men-copy (GRATIS)