Kekufuran dan Hati yang Tertutup

Kekufuran dan Hati yang Tertutup

iklan erto's

Kalau di dalam hatinya ingin mengikuti dan di dalam hatinya ada rasa takut kepada Allah, maka insyaAllah akan di mudahkan untuk memahami Al-Quran.

Kultum Tentang “Kekufuran dan Hati yang Tertutup” ini disampaikan oleh Ustadz Dr. Abdullah Roy, M.A. Hafidzahullahu Ta’ala.

Transkrip Kultum Tentang Kekufuran dan Hati yang Tertutup

Di dalam bantahan terhadap syubhat yang terlaknat ini -dari berbagai segi- banyak dalilnya dan sampai batas darurat. Maksudnya adalah tidak sepantasnya seorang muslim tidak tahu.

Jadi, secara syariat banyak dalil yang menunjukkan bahwasanya Al-Qur’an dan hadits ini dipahami. Kemudian secara realita banyak di antara kaum muslimin yang memahami ayat-ayat dan juga hadits. Berarti ini adalah syuhbat -kata Syaikh- yang terlaknat. Akan tetapi banyak di antara manusia yang tidak mengetahuinya.

Kemudian beliau mendatangkan firman Allah ‘Azza wa Jalla dalam surat Yasin:

إِنَّا جَعَلْنَا فِي أَعْنَاقِهِمْ أَغْلَالًا فَهِيَ إِلَى الْأَذْقَانِ فَهُم مُّقْمَحُونَ ﴿٨﴾ وَجَعَلْنَا مِن بَيْنِ أَيْدِيهِمْ سَدًّا وَمِنْ خَلْفِهِمْ سَدًّا فَأَغْشَيْنَاهُمْ فَهُمْ لَا يُبْصِرُونَ ﴿٩﴾ وَسَوَاءٌ عَلَيْهِمْ أَأَنذَرْتَهُمْ أَمْ لَمْ تُنذِرْهُمْ لَا يُؤْمِنُونَ ﴿١٠﴾ إِنَّمَا تُنذِرُ مَنِ اتَّبَعَ الذِّكْرَ وَخَشِيَ الرَّحْمَـٰنَ بِالْغَيْبِ ۖ فَبَشِّرْهُ بِمَغْفِرَةٍ وَأَجْرٍ كَرِيمٍ ﴿١١﴾

Kami menjadikan di leher-leher mereka belenggu-belenggu, sehingga belenggu-belenggu tadi sampai ke dagu mereka. Akhirnya mereka menengok keatas. Dan Kami menjadikan di depan mereka penutup dan di belakang mereka penutup. Dan Kami menutupi mereka, akhirnya mereka tidak bisa melihat dan tidak bisa memahami apa yang ada di dalam Al-Qur’an dan hadits dengan sebab dosa mereka.” (QS. Ya Sin[36]: 8-9)

Sebenarnya mereka bisa kalau niatnya baik/benar ingin mencari kebenaran dalam Al-Qur’an dan hadits. Maka insya Allah dia akan paham. Tapi kerana kekufuran mereka, karena ketidakinginan untuk mencari kebenaran di dalam Al-Qur’an dan hadits, akhirnya mereka tidak mudah untuk memahami Al-Qur’an. Bukan karena Al-Qur’an tidak bisa dipahami. Tapi itu adalah karena kekufuran/kenifakan dan dosa yang ada di dalam hati mereka.

Dan sama saja apakah engkau mengingatkan mereka atau mereka tidak engkau ingatkan, mereka tidak akan beriman.” (QS. Ya Sin[36]: 10)

Sudah tertutup hatinya dengan sebab kekufuran dan kenifaqan mereka.

Sesungguhnya engkau hanya mengingatkan orang yang mengikuti AlQuran.” (QS. Ya Sin[36]: 11)

Yaitu orang yang memang di dalam hatinya ingin mengikuti.

Dan dia takut kepada Allah,”

Kalau di dalam hatinya ingin mengikuti dan di dalam hatinya ada rasa takut kepada Allah, maka insyaaAllah akan di mudahkan untuk memahami Al-Quran.

Sesungguhnya engkau hanya memberikan peringatan kepada orang yang mau mengikuti Al-Qur’an.”

Jika di dalam hatinya ada keinginan untuk baik, maka insyaAllah akan dimudahkn dalam memahami Al-Qur’an dan juga hadist. Dan dia punya rasa takut kepada Allah, padahal Allah Subhanahu wa Taala tidak dilihat.

Maka ini InsyaAllah adalah sebab seseorang dimudahkan untuk memahami Al-Qur’an.

Maka berikanlah kabar gembira kepadanya dengan ampunan dan pahala yang mulia.” (QS. Ya Sin[36]: 11)

Video Kultum Tentang Kekufuran dan Hati yang Tertutup

Demikian catatan Kultum Tentang Kekufuran dan Hati yang Tertutup. Mari turut menyebarkan catatan kajian Kultum Tentang Al-Qur’an Mudah Dipahami di media sosial yang Anda miliki, baik itu facebook, twitter, atau yang lainnya. Semoga bisa menjadi pintu kebaikan bagi yang lain. Barakallahu fiikum..

Komentar

WORDPRESS: 0
DISQUS: