Mengucapkan Salam

Mengucapkan Salam

pandai mendengar

Kajian Mengucapkan Salam ini merupakan adab keenam dari kajian 15 Adab di Majelis Ilmu. Disampaikan oleh Ustadz Muhamad Nuzul Dzikri Hafidzahullah di

Mendengarkan Ilmu dengan Penuh Konsentrasi
Kultum Singkat Tentang Tata Cara Berdoa yang Sesuai Sunnah
15 Adab di Majelis Ilmu

Kajian Mengucapkan Salam ini merupakan adab keenam dari kajian 15 Adab di Majelis Ilmu. Disampaikan oleh Ustadz Muhamad Nuzul Dzikri Hafidzahullah di Masjid Al-Barkah Cileungsi pada tahun 1433 H / 2012 M.

Lihat sebelumnya: Membaca Doa Pergi ke Masjid

6. Mengucapkan salam

Menit ke-10:46 Mengucapkan salam kepada orang-orang yang berada di majelis ketika kita memasuki majelis tersebut. Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

إِذَا انْتَهَى أَحَدُكُمْ إِلَى مَجْلِسٍ فَلْيُسَلِّمْ

“Apabila salah seorang dari kalian mendatangi/tiba di sebuah majelis, maka hendaklah ia mengucapkan salam kepada orang yang berada di majelis tersebut.” (HR. Tirmidzi)

Ini sunnah Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Walaupun kajian sudah dimulai, ketika kita datang maka ucapkan salam ke majelis tersebut. Lalu Nabi melanjutkan:

فَإِنْ بَدَا لَهُ أَنْ يَجْلِسَ فَلْيَجْلِسْ ثُمَّ إِذَا قَامَ فَلْيُسَلِّمْ فَلَيْسَتِ الأُولَى بِأَحَقَّ مِنَ الآخِرَةِ

“Apabila ia ingin duduk, maka duduklah di majelis tersebut. Lalu ketika ia ingin bangkit/beranjak dari majelis tersebut, ucapkan salam kembali. Karena salam yang pertama tidak lebih utama daripada salam yang terakhir.” (HR. Tirmidzi)

Maksudnya adalah salam yang kita ucapkan ketika kita masuk ke dalam majelis, itu tidak lebih utama dibandingkan salam yang kita ucapkan ketika kita beranjak dari majelis tersebut. Artinya, kalau sama-sama utama, maka mengapa ketika datang kita mengucapkan salam dan ketika kita beranjak kita tidak mengucapkan salam? Itu maksudnya.

Kalau salam ketika kita masuk ke majelis derajatnya sama dengan salam ketika kita beranjak dari majelis, mengapa kita ucapkan yang satu dan kita tinggalkan yang kedua? Jadi sebagaimana kita ucapkan salam ketika masuk ke dalam majelis, ucapkan salam juga ketika kita beranjak dari majelis.

Jadi pilihan itu kalau yang satu lebih baik, baru kita pilih. Tapi kalau dua-duanya sama dan kita punya kesempatan mengerjakannya, kenapa kita memilih salah satunya saja?

Ini adalah kaidah. Jadi terapkan dalam kehidupan kita. Ketika datang ke majelis ilmu ucapkan salam, ketika kita beranjak, salam lagi. Ini adalah sunnah Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam dan adab dalam majelis ilmu.

Mp3 Kajian Mengucapkan Salam

Sumber: radiorodja.com

Silahkan dibagikan, semoga bermanfaat dan menjadi pembuka pintu kebaikan bagi yang lain. Barakallahu fiikum..

Komentar

WORDPRESS: 0