20# Kebaikan Akan Melahirkan Kebaikan Yang Lainnya

20# Kebaikan Akan Melahirkan Kebaikan Yang Lainnya

pandai mendengar

Memaafkan adalah kebaikan dan kebaikan kalau dilakukan oleh seseorang, maka akan melahirkan kebaikan yang lain.

17# Kedzaliman Yang Menimpa adalah Sebab Diampuni Dosa
15# Membalas Kejelekan dengan Kejelekan adalah Sebab Tambahkan Kejelekan Dia
18# Memaafkan Menjadi Sebab Terhinanya Musuh

Berikut pembahasan 20 kaidah bersabar20# Kebaikan Akan Melahirkan Kebaikan Yang Lainnya” yang disampaikan Ustadz DR. Abdullah Roy Hafidzahullahu Ta’ala.

Transkrip Kaidah Bersabar: Allah Menolong Orang-Orang Yang Sabar

Menit ke-1:30:55 Yang ke-20, kata beliau:

أنه إذا عفا وصَفَحَ كانت هذه حسنةً، فتُوَلِّدُ له حسنةً أخرى، وتلك الأخرى تُولِّدُ له أخرى، وهَلُمَّ جَرًّا، فلا تزال حسناتُه في مزيد، فإنّ من ثواب الحسنةِ الحسنة، كما أنّ من عقاب السيئةِ السيئة بعدها. وربَّما كان هذا سببًا لنجاتِه وسعادتِه الأبدية، فإذَا انتقم وانتصرَ زال ذلك .

Apabila seseorang memaafkan, maka ini adalah kebaikan/pahala bagi dirinya. Maka yang dinamakan dengan pahala, kalau dilakukan oleh seseorang, maka akan melahirkan kebaikan yang lain. Dan kebaikan tersebut akan melahirkan kebaikan yang lain dan seterusnya. Maka kalau kita memaafkan, kebaikan akan terus bertambah. Karena kebaikan akan melahirkan kebaikan.

Maka termasuk pahala dari kebaikan adalah kebaikan sebagaimana hukuman bagi sebuah kejelekan adalah kejelekan setelahnya.

Kemudian beliau mengatakan bahwa mungkin saja dengan dia memaafkan orang lain, ini adalah sebab selamatnya dia dan kebahagiaan dia yang selama-lamanya di akhirat. Tetapi apabila dia membalas dendam dan tidak memaafkan, maka semuanya itu akan hilang.

Penutup: 1:33:15

Video Kaidah-Kaidah Bersabar

Lihat di sini yuk: Mukadimah 20 Cara Menjadi Orang Yang Sabar dan Tidak Pemarah

Komentar

WORDPRESS: 0