6# Balasan Sesuai dengan Jenis Amalan

6# Balasan Sesuai dengan Jenis Amalan

dukung ngaji id

Sebagaimana kita ingin dimaafkan oleh Allah, maka hendaklah kita memaafkan orang lain.

9# Jika Dicela di Jalan Allah, Maka Pahalanya Atas Allah
2# Hendaklah Seseorang Menyadari Dosa-Dosanya
11# Kesabaran adalah Separuh dari Keimanan

Berikut pembahasan 20 kaidah bersabar6# Balasan Sesuai dengan Jenis Amalan” yang disampaikan Ustadz DR. Abdullah Roy Hafidzahullahu Ta’ala.

Transkrip Kaidah Bersabar: Balas Dendam Menjadikan Dirinya Hina

45:15 Kata beliau bahwa ini adalah kaidah yang paling besar. Beliau mengatakan:

أن يَشهدَ أن الجزاء من جنس العمل،

Hendaklah dia merenungi dan menyaksikan bahwasannya balasan sesuai dengan jenis amalan.

Maksudnya bagaimana? Beliau megatakan, hendaklah dia menyadari bahwasannya dia sendiri adalah orang yang dzalim dan berdosa. Dan bahwasannya orang yang memaafkan manusia, maka Allah akan memaafkan dirinya. Dan barangsiapa yang mengampuni manusia, maka Allah akan mengampuni dirinya.

Maksud beliau Rahimahullah, kita menyadari bahwasanya kita juga orang yang berdosa dan orang yang dzalim. Sebagaimana kita senang diampuni oleh Allah dan dimaafkan oleh Allah atas dosa-dosa dan kesalahan-kesalahan kita, maka kita juga memaafkan orang lain.

Ini di antara hal yang bisa menguatkan kesabaran seseorang. Kenapa kita memaafkan mereka? Karena kita senang apabila kita dimaafkan oleh Allah ‘Azza wa Jalla. Sebagaimana dalam ayat:

أَلَا تُحِبُّونَ أَن يَغْفِرَ اللَّهُ لَكُمْ

Apakah kalian tidak senang apabila Allah mengampuni dosa kalian?” (QS. An-Nur[24]: 22)

Kita senang apabila kesalahan kita dimaafkan oleh Allah dan kita gembira apabila dosa kita diampuni oleh Allah. Maka hendaklah kita melakukan ini kepada orang lain yang berbuat jelek kepada kita, kita maafkan mereka.

Kata Syaikhul Islam:

فإذا شَهِدَ أن عفوه عنهم وصفحَه وإحسانَه مع إساءتِهم إليه سببٌ لأن يجزيه الله كذلك من جنس عمله، فيعفو عنه ويصفح، ويُحسِن إليه على ذنوبه، ويَسْهُل عليه عفوُه وصبرُه، ويكفي العاقلَ هذه الفائدةُ.

Maka apabila ia menyadari bahwasanya pemaafan dia kepada mereka dan kebaikan dia kepada kejelekan mereka, ini adalah sebab Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas dirinya dengan yang serupa, maka akhirnya dia memaafkan dan berbuat baik. Dan akan mudah baginya untuk memaafkan dan bersabar. Dan cukuplah faedah ini bagi orang yang berakal.

Jadi yang ke-6 adalah sebagaimana kita ingin dimaafkan oleh Allah, maka hendaklah kita memaafkan orang lain. Bahkan kata Syaikh ini adalah kaidah yang paling besar.

Menit ke-48:39 7# Balas Dendam Menjadikan Umur Terbuang Sia-Sia

Video Kaidah-Kaidah Bersabar

Lihat di sini yuk: Mukadimah 20 Cara Menjadi Orang Yang Sabar dan Tidak Pemarah

Komentar

WORDPRESS: 0