Bagaimana melaksanakan ibadah-ibadah disaat pandemi covid-19 ini?

Bagaimana melaksanakan ibadah-ibadah disaat pandemi covid-19 ini?

Tanya jawab Ramadhan tentang bagaimana melaksanakan ibadah-ibadah disaat pandemi covid-19 ini dijawab oleh Ustadz Dr. Abdullah Roy, M.A. Hafidzahullah.

Lomba #NyatetKajian Berhadiah
Buat kamu yang suka dengerin dan nyatet kajian, yuk ikuti Lomba Nyatet Kajian Periode Syawal 1441 H (ngaji.id/klik/62)

Bagaimana melaksanakan ibadah-ibadah disaat pandemi covid-19 ini?

25:21 Pertanyaan dari saudara Abu Fadlan di Depok:

Assalamualaikum Ustadz.. Bagaimana melaksanakan ibadah-ibadah disaat pandemi covid-19 ini? Karena masih dianjurkan untuk beribadah di rumah. Jazakallahu Khairan.

Dijawab oleh Ustadz Dr. Abdullah Roy, M.A Hafidzahullah

Tentang masalah beribadah di bulan Ramadhan, maka untuk -terutama yang didalamnya ada kumpulan, seperti shalat tarawih- sebagaimana yang kita lakukan sebelum bulan Ramadhan. Yaitu kita tidak melakukan shalat berjamaah di Masjid karena keadaannya memang sementara ini tidak memungkinkan dan ini adalah udzur. Kalau yang shalat wajib saja kita mendapatkan udzur untuk tidak kumpul dan tidak berjamaah di Masjid, lalu bagaimana dengan shalat yang tidak wajib? Dan shalat tarawih bukan sebuah kewajiban.

Kalau yang wajib saja kita melakukannya di rumah dalam keadaan seperti ini, lalu bagaimana dengan perkara yang sunnah. Sehingga shalat tarawih kita kerjakan di rumah bersama keluarga kita atau kita melakukannya sendiri-sendiri. Boleh sendiri-sendiri maupun bersama keluarga kita.

Ibadah-ibadah yang lain seperti membaca Al-Qur’an, puasa, seperti biasa sebagaimana kita lakukan di hari-hari yang lain, kita lakukan di rumah dan kemudian juga apa berpuasa seperti biasanya. Khususnya yang memang perlu untuk adanya perkumpulan, maka ini seperti yang kita sampaikan seperti shalat tarawih berjamaah, maka kita lakukan di rumah.

Baca Juga:  Solusi Dari Imam Asy-Syafi'i Dalam Menghadapi Wabah Penyakit

Kemudian juga untuk ifthor (buka puasa) bersama. Tidak mungkin kita lakukan dihari-hari seperti ini dan tidak dianjurkan yang demikian. Kalau kita ingin memberikan ifthor kepada orang lain, bisa dengan cara yang lain tanpa mengumpulkan mereka. Yang jelas kita berhati-hati sekali dan mengambil sebab yang bisa kita lakukan untuk bisa menjaga diri kita dari penyakit ini. Wallahu a’lam.

Video Bagaimana melaksanakan ibadah-ibadah disaat pandemi covid-19 ini?

File: 20200424 Ustadz Abdullah Roy – Halaqah Ramadhaniyah – Episode 1.mp3
Video: https://www.facebook.com/hsi.abdullahroy/videos/579034459635154

COMMENTS

%d blogger menyukai ini: