Buku 150 Tanya Jawab Anak Muslim Disertai Hadits Tentang Anak

Buku 150 Tanya Jawab Anak Muslim Disertai Hadits Tentang Anak

Resensi buku kali ini adalah tentang Buku 150 Tanya Jawab Anak Muslim yang tentunya lengkap disertai dengan ayat dan hadits tentang anak. Data Buk

Ingin Tahu Cara Menangkal Santet? Baca Buku 34 Benteng Penangkal Setan
Buku Anak Islami Bergambar: Berdoa Yuk Beramal Dan Berpahala
Paket Buku Fiqh

Resensi buku kali ini adalah tentang Buku 150 Tanya Jawab Anak Muslim yang tentunya lengkap disertai dengan ayat dan hadits tentang anak.

Silahkan daftar atau login(GRATIS) terlebih dahulu untuk men-copy..

Data Buku 150 Tanya Jawab Anak Muslim Disertai Hadits Tentang Anak

Judul Buku: 150 Tanya Jawab Anak Muslim
Penerbit : Griya Ilmu
Penyusun  : Yahya  bin Said Alu Syalwan
Dikumpulkan dari fatwa-fatwa  ulama besar  abad ini  Syaikh Abdil Aziz bin Abdillah bin Baaz, Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin, Syaikh Abullah bin Abdurahman bin Jibrin, Syaikh Shalih bin  Fauzan Al- Fauzan dan Al-Lajnah Daimah al-Ilmiyah Lil Buhuts wal-ifta sebuah Lembaga pengkajian Fatwa-Fatwa di Kerajaan Arab Saudi.
Ukuran Buku : 15,5 x 23,5 cm Tebal 224 halaman soft cover
Pemesanan: silahkan hubungi kontak admin.

Ikhwatal islam,

Anak adalah amanah besar yang dititipkan oleh Allah kepada  kedua orang tuanya. Dan orang tua adalah orang terdekat dengan anak yang tentunya memiliki peranan yang sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangannya serta berperan di dalam mengarahkannya. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam menggambarkan melalui sabdanya yang diriwayatkan oleh Al-Imam Al-Bukhari, Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

كُلُّ مَوْلُوْدٍ يُوْلَدُ عَلَى الْفِطْرَةِ، فَأَبَوَاهُ يُهَوِّدَانِهِ أَوْ يُمَجِّسَانِهِ أَوْ يُنَصِّرَانِهِ

“Setiap bayi yang dilahirkan dalam keadaan fitrah ibu bapaknya lah yang menjadikannya yahudi, Nasrani atau majusi” (HR. Bukhari)

Karena itulah sangat penting bagi orang tua untuk menyiapkan bekal yang cukup di dalam mendidik dan mengurus anak-anaknya. Bekal tersebut bukan sebatas materi belaka, namun ilmu pengetahuan seputar hukum-hukum syariat tentang permasalahan seorang anak, baik yang berkaitan dengan dunianya terlebih untuk perkara akhiratnya.

Orang tua yang baik tentu menginginkan yang terbaik pula untuk buah hatinya. Maka wajar saja jika kemudian para orang tua membutuhkan arahan atau tuntunan serta sering kali memiliki berbagai pertanyaan yang berkaitan dengan permasalahan anak. Dan Alhamdulillah untuk menjawab kebutuhan tersebut, kini telah terbit sebuah buku yang insyaAllah akan memberikan pencerahan bagi para orang tua, guru, pendidik atau siapa saja yang memiliki tanggung jawab untuk mengasuh dan mengarahkan seorang anak.

Buku berjudul 150 Tanya Jawab seputar Anak Muslim dengan tebal 224 halaman ini dikemas dengan sampul soft cover yang akan memberikan kenyamanan saat kita membacanya dimana saja dan kapan saja. Sampul dengan desain warna yang cerah dan layout yang rapi.  Buku ini tentu akan menjadi koleksi yang sangat  berharga. Sebab merupakan kombinasi yang komplit dari berbagai kitab fatawa  para ulama besar tersebut, baik secara individu ataupun yang tergabung dalam komite tetap untuk penelitian dan fatwa.

Pembaca tidak perlu khawatir akan kesulitan dalam menelusuri berbagai macam nasihat dan ijtihad yang dimuat dalam buku ini. Karena setiap pertanyaan dan jawaban seputar anak muslim telah dikelompokan ke dalam beberapa bagian yang teruntai pada 15 bab.

Buku ini disusun dalam bentuk pertanyaan-pertanyaan yang selanjutnya akan dijawab oleh para ulama dengan pembahasan yang jelas, padat namun mudah dipahami  serta tentunya berdasarkan dalil-dalil yang shahih baik secara aqli maupun naqli.

Berbagai pertanyaan yang dibahas  tersebut adalah  merupakan permasalahan-permasalahan yang sangat umum dijumpai dan  kerap kali terjadi di tengah-tengah kita, sehingga insyaAllah buku ini akan membantu anda menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut yang mungkin kerap kali muncul dalam pikiran anda sekaligus memberikan anda wawasan yang baru seputar permasalahan anak.

Selain itu, daftar isi buku ini merincikan juga tema dari setiap pertanyaan pada tiap bab, sehingga memudahkan kita untuk langsung menuju ke halaman yang memuat permasalahan yang mungkin ingin segera kita temukan jawaban atau solusinya. 15 bab yang dimaksud, yaitu:

  • Akidah
  • Pemberian Nama
  • Aqiqah
  • Thaharah
  • Shalat
  • Zakat dan Harta Anak Yatim
  • Puasa
  • Haji
  • Ar-Radha’ah (Persusuan)
  • Tindakan Kriminal
  • Tarbiyah
  • Ta’lim
  • Tentang Pakaian
  • Mainan
  • Tema Lain-Lain

Dimulai bab pertama yang membahas permasalahan akidah, berbagai pertanyaan seputar akidah akan dijawab dalam bab ini. Mulai dari pembahasan tentang keyakinan kita pada ketetapan Allah, perihal keturunan, bagaimana konsekwensi dari amal shalih yang dilakukan anak sebelum usia baligh, hingga penjelasan berbagai ritual-ritual semisal menggantungkan jimat pada anak atau rangkaian acara ketika khitan, semua dijelaskan dengan jelas oleh para ulama. Dan bukan hanya tentang permasalahan anak saja, namun juga menuntut para orang tua untuk dapat bersikap dengan benar dan sesuai dengan akidah dalam hal-hal yang berkaitan dengan aktifitas mengurus anak,

Bab ke-2 dan ke-3 memaparkan seputar pemberian nama dan aqiqah. Pada bab ini rangkaian pertanyaan yang dimuat akan memberikan pencerahan kepada kita tentang kaidah-kaidah yang benar di dalam memberikan nama kepada anak serta tuntunan dalam permasalahan aqiqah yang terkadang masih mengalami kerancuan di tengah masyarakat.

Pada bab ke-4 hingga bab ke-6 akan di sajikan pembahasan seputar thaharah atau bersuci, shalat, zakat dan harta anak yatim. Kita akan dituntun  untuk mengetahui lebih dalam seputar bersuci yang terkait dengan anak. Missal tentang hukum-hukum  khitan, apakah sama kedudukannya antara khitan anak lelaki dengan anak perempuan? Apakah anak yang telah meninggal tetap wajib dikhitan jika belum sempat dikhitan? Atau tentang tanda-tanda baligh pada seorang anak.

Permasalahan yang berkaitan dengan shalat juga penting untuk kita cermati. Pembahasan ini akan membuka cakrawala berfikir kita sehingga kita akan lebih tepat dalam menyikapi kapan waktu yang tepat  untuk anak diajarkan shalat dibawa ke masjid dan kapan pula seorang anak bisa menjadi imam shalat?

Berbagai macam pertanyaan lainnya  berkenaan dengan hal ini juga akan dijawab dengan tuntas pada bab ke-5. Begitu pula halnya dengan zakat dan harta anak yatim. Kewajiban zakat tertentu pada seorang anak serta pengelolaan harta anak yatim tentunya merupakan perkara yang sangat penting, kesemuanya itu akan dibahas tuntas melalui tanya jawab pada bab ke-6.

Mungkin kita sering bingung dengan pertanyaan seputar puasa dan haji bagi anak-anak. Mungkin pertanyaan yang sama juga sudah terjawab di bab ke-7 dan ke-8. Benar, mulai dari hukum-hukum puasa bagi anak, hingga pahala puasa seorang anak serta kedudukan haji bagi seorang anak yang dikerjakannya saat belum memasuki usia baligh. Atau  tentang anak yang telah masuk usia baligh tepat saat ia berhaji. Semua dapat disimak pada jawabannya pada kedua bab ini.

Permasalahan tentang sepersusuan atau Ar-rodlo’ah juga merupakan hal yang sangat penting. Sebab hal ini berhubungan erat dengan perkara mahram bagi seseorang. Kapan sepersusuan  menyebabkan dua orang anak menjadi mahram? Bagaimana jika hukum  sepersusuan itu meragukan? Kemudian sepersusuan seperti apa  yang tidak membawa pengaruh apapun? Bahasan dari tanya jawab ini dapat dijumpai pada bab ke-9.

Beralih pada bab berikutnya, pembaca akan disuguhkan berbagai macam tema yang juga tidak kalah pentingnya untuk kita ilmui bersama. Sebagai contoh: tindak kriminal yang dilakukan seorang anak yang otomatis berimplikasi terhadap kewajiban orang tua, membayar diyat atau kafarat?

Pembahasan tentang tarbiyatul aulad atau pendidikan anak juga pengajaran kepada anak lalu ada pula tuntunan cara anak dalam berbusana, memilih permaianan atau mainan yang diperbolehkan syariat, hingga tema-tema lainnya mulai dari tuntunan  saat bayi baru lahir hingga pembahasan seputar anak yang diadopsi. Pembahasan itu akan dipaparkan lengkap  pada bab ke-10 hingga bab ke-15.

Pada akhirnya, insyaAllah terdapat kemanfaatan yang besar dengan membaca dan menyimak buku 150 Tanya Jawab Seputar Anak Muslim ini. Tentunya tidak sekedar menjadi koleksi yang menghiasi rak-rak buku, namun dapat dijadikan bahan rujukan yang shahih, baik dalam masalah akidah, fikih, akhlak, pendidikan, hingga permasalahan  lainnya yang sangat penting untuk kita fahami.

Berbagai macam fatwa dari kitab-kitab para ulama telah disusun dan dikemas  dalam satu buku yang praktis dan insyaAllah memberi kemudahan bagi pembacanya.

Penutup Resensi Buku 150 Tanya Jawab Anak Muslim Disertai Hadits Tentang Anak

Semoga dengan memiliki ilmu dan pemahaman yang lurus seputar permasalahan anak kita bisa  menjadi orang tua yang bertanggung jawab dan dapat mengarahkan anak-anak menjadi generasi penerus yang akan memiliki peranan penting didalam menyongsong dan mengembalikan kejayaan umat insyaAllah.

Demikian resensi buku kali ini, dari buku berjudul : 150 Tanya Jawab Seputar Anak Muslim lengkap disertai hadits-hadits tentang anak.

COMMENTS

WORDPRESS: 0
Login/daftar untuk men-copy (GRATIS)
%d blogger menyukai ini: