Carilah Sahabat Yang baik dan Lakukan Karena Allah

Carilah Sahabat Yang baik dan Lakukan Karena Allah

pandai mendengar

Kita berkumpul dan bersahabat dengan dia karena Allah Subhanahu wa Ta'ala. Dan kita berpisah juga karena Allah.

Kultum Singkat Tentang Kejujuran Beserta Dalilnya
Materi 11 – Faedah Ikhlas 10
Cambuk Hati : Bahagia Ketika Sakit
Tulisan tentang “Carilah Sahabat Yang baik dan Lakukan Karena Allah” ini adalah catatan faedah dari ceramah singkat yang dibawakan oleh Ustadz Dr. Khalid Basalamah, M.A. Hafidzahullahu Ta’ala.

Carilah Sahabat Yang baik dan Lakukan Karena Allah

Di dalam Islam teman-teman, kita disuruh mencari sahabat yang baik. Tetapi sahabat ini sesama jenis. Laki-laki sama laki-laki, perempuan sama perempuan.

Kita kenal dalam istilah ukhuwah Islamiyah (persaudaraan dalam Islam) ada dua. Yaitu:

Pertama adalah ukhuwah yang umum, semua muslim kita anggap saudara kita. Itu bagian daripada perintah Allah Subhanahu wa Ta’ala dalam surah al-hujurat, Allah mengatakan:

فَأَصْلِحُوا بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ

Perbaiki di antara persaudaraan kalian (secara umum).” (QS. Al-Hujurat[49]: 10)

Yang kedua adalah persaudaraan secara khusus, ini yang kita cari, sahabat. Tapi di sini syaratnya: dia harus muslim, kemudian yang kedua memang orang yang shalih, kalau perempuan shalihah, bahkan kalau perlu lebih baik ibadahnya daripada kita supaya kita termotivasi.

Karena kata Nabi ﷺ

الْمَرْءُ عَلَى دِينِ خَلِيلِهِ

“Seseorang sesuai dengan agama sahabatnya.” (HR. Ahmad, Abu Dawud, Tirmidzi)

Kemudian ada adab-adabnya dalam persahabatan tersebut.

  • Dia dahulukan saudaranya dalam kebutuhannya,
  • Dia selalu menjenguknya kalau sakit,
  • Menanyakan kabarnya.

Dan ini manfaatnya sangat besar. Kita berkumpul dan bersahabat dengan dia karena Allah Subhanahu wa Ta’ala. Dan kita berpisah juga karena Allah.

Kalau sampai sahabat kita sudah jauh dari Allah. Kita nasehatin dia nggak mau dengar, ya sudah kita tinggalkan karena Allah. Maka kita selalu bersahabat dengan dia. Dan kata Nabi ﷺ:

“Allah akan menyiapkan mimbar nanti di hari kiamat di mahsyar yang mengeluarkan cahaya yang sangat terang. sampai membuat para Nabi-Nabi dan para syuhada cemburu.”

Lalu para sahabat mengatakan, “Ya Rasulullah mimbar buat siapa itu?” kata Nabi ﷺ, “Orang-orang yang saling mencintai karena Allah.”

Nabi-Nabi dan para syuhada pun cemburu dengan mereka.

Jadi maksudnya dikasih mimbar yang bercahaya agar orang-orang pada lihat. Dan juga kata Nabi ﷺ dalam hadits lain, hadits qudsi Allah berfirman, pada hari kiamat nanti :

“Mana orang-orang yang saling mencintai karena Allah, hari ini Aku akan menaungi mereka di bawah naungan, tidak ada naungan kecuali naunganKu.”

Jadi orang lagi kepanasan nanti di Mahsyar, bahkan dalam sebuah hadits shahih dikatakan, kata Nabi ﷺ:

“Orang akan tenggelam dengan keringatnya masing-masing tergantung kadar dosanya. Ada yang sampai mata kaki, ada yang sampai lutut, ada yang sampai perut, ada yang sampai tenggorokannya. Ada yang tenggelam dengan keringat dia sendiri.

Dan Nabi ﷺ mengatakan dalam hadits lain bahwa mereka akan menunggu hisab Allah selama 50.000 tahun, dan itu akan berat bagi orang-orang kafir dan akan ringan bagi orang beriman. Karena bagi orang beriman itu hanya seperti dari waktu ashar sampai maghrib saja.

Ada orang-orang yang tidak kena panas itu. Dari 7 golongan, di antaranya salah satunya adalah dua orang yang saling mencintai karena Allah, berkumpul karenaNya dan berpisah juga karenaNya.

Lihat juga: 7 orang yang akan dinaungi Allah

Dan ini punya keutamaan tersendiri. Dan ini berhubungan dengan bahasan kita. Kita disuruh cari sahabat dan sahabat ini harus lebih baik daripada kita dan kita bermuamalah yang baik dengan dia.

Video Singkat Carilah Sahabat Yang baik dan Lakukan Karena Allah

Mari turut menyebarkan catatan kajian tentang Ceramah Singkat ini di media sosial yang Anda miliki, baik itu facebook, twitter, atau yang lainnya. Semoga bisa menjadi pintu kebaikan bagi yang lain. Barakallahu fiikum..

Komentar

Ada yang bisa saya bantu?

Ahlan, ada yang bisa saya bantu? 00.00