Contoh Ceramah Singkat Tentang Pergaulan: Handphone Melalaikanmu

Contoh Ceramah Singkat Tentang Pergaulan: Handphone Melalaikanmu

ceramah tentang gowes

Contoh Ceramah Singkat Tentang Pergaulan: Handphone Melalaikanmu ini disampaikan Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc. melalui Rodja TV. Transkrip Ceramah S

Ceramah Singkat Tentang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Kultum Singkat Tentang Sulitnya Memperbaiki Niat
Ceramah Singkat Tentang Dunia Tidak Dibawa Mati

Contoh Ceramah Singkat Tentang Pergaulan: Handphone Melalaikanmu ini disampaikan Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc. melalui Rodja TV.

Transkrip Ceramah Singkat Tentang Pergaulan: Handphone Melalaikanmu

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

بِسْمِ اللّهِ الْحَمْدُ لِلَّهِ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى رَسُوْلِ اللَّهِ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَ مَنْ وَالَهُ

Para pemirsa yang saya muliakan, semua dari kita punya HP. Dan saya yakin betul HP kita sudah melalaikan sebagian besar dari kita. Maka ada perkataan menarik di sini, yang dikatakan oleh Abdullah bin Mas’ud Radhiyallahu ‘Anhu yang dinukil perkataan tersebut oleh Al-Imam Abdullah bin Mubarak Rahimahullah dalam kitab beliau Az-Zuhud, Abdullah bin Mas’ud berkata:

رَأَى رَجُلاً يَسْأَلُ اللَّهَ وَفِي يَدِهِ حَصَىً

Suatu saat Abdullah bin Mas’ud melihat seseorang yang sedang berdoa dan di tangannya masih ada bebatuan. Mungkin dia berdoa tapi dia masih main batu-batuan, kemudian Abdullah bin Mas’ud Radhiyallahu ‘Anhu menasehati orang tersebut:

إِذَا سَأَلْتَ رَبَّكَ خَيْرًا فَلاَ تَسْأَلْهُ وَفِي يَدِكَ الْحَجَرُ

Jika engkau meminta sesuatu kebaikan kepada Rabbmu, maka janganlah saat engkau meminta, saat itu pula engkau memegang bebatuan.

Apa maksudnya??

Di zaman dahulu belum ada HP, orang kadang-kadang berdoa kepada Allah tapi dia masih disibukkan dengan bebatuan, hatinya tidak khusyuk. Maka bagaimana dengan keadaan di zaman sekarang? Hp kita kadang-kadang sangat melalaikan sebagian dari kita, dari berdzikir kepada Allah, dari khusyuk membaca Al-Qur’an.

Bahkan ada kadang-kadang sebagian orang, belum selesai sempurna salam di akhir shalat, tangannya sudah langsung masuk ke kantong untuk mengambil HP, belum selesai salam!

Bagaimana HP melalaikan seorang bapak saat anaknya memerlukan perhatiannya, bagaimana HP melalaikan seorang ibu saat anaknya memerlukan bimbingannya. Maka hati-hati, jangan sampai kita berdoa sedangkan hati kita tidak khusyuk. Jangan sampai kita berdoa sedangkan kita sibuk dengan hal-hal yang tidak menjadikan hati kita tenang, saat meminta kepada Allah.

Dan hati-hati, hati-hati benda yang disebut HP tersebut, sungguh begitu banyak orang-orang terlalaikan dari dzikir, tidak pernah baca Al-Qur’an, jauh dari dzikir pagi sore, jauh dari memperhatikan istri dan anak gara-gara dia sibuk dengan HPnya. Baik itu dengan media sosialnya, muroja’ah terus media sosial, sedangkan muroja’ah Al-Qur’an tidak pernah.

Bahkan kadang-kadang di acara keluarga, acara yang kita aturannya sedang bercengkrama dengan istri kita, anak-anak kita, makan di sebuah rumah makan, tetapi sebagian bapak atau sebagian ibu, bahkan semua dari anggota keluarga, masing-masing memegang HP. Jadi runyemlah acara bercengkerama dengan keluarga tersebut.

(HP) Membuat anak tidak beradab kepada orang tuanya, membuat orang tua tidak perhatian terhadap anak-anaknya, maka hati-hati, jangan sampai seseorang tersibukkan dengan HP-nya dari mengerjakan kewajibannya sebagai seorang hamba Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.
www.ngaji.id/klik/32

WassalamualaikumWarahmatullahi Wabarakatuh.

Video Ceramah Singkat Tentang Pergaulan: Handphone Melalaikanmu

COMMENTS

%d blogger menyukai ini: