Hadits Arbain ke-3 : Rukun Islam

Hadits Arbain ke-3 : Rukun Islam

pandai mendengar

Tulisan tentang “Hadits Arbain ke-3 : Rukun Islam” ini adalah ringkasan yang bisa kami ketik dari kajian Kitab Al-Arba’in An-Nawawiyah yang disampaika

Hadits Arbain ke-1 : Amal itu Tergantung Niat
Hadits Tentang Akhlak
Hadits Arbain ke-12 : Cara Manajemen Waktu
Tulisan tentang “Hadits Arbain ke-3 : Rukun Islam” ini adalah ringkasan yang bisa kami ketik dari kajian Kitab Al-Arba’in An-Nawawiyah yang disampaikan oleh Ustadz Anas Burhanuddin, M.A. hafizhahullahu ta’ala.

Hadits Arbain ke-3 : Rukun Islam

عَنْ أَبِي عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَبْدِ اللهِ عُمَرَ بْنِ الخَطَّابِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ, قَالَ : سَمِعْتُ رَسُولَ اللهِ صلى الله عليه وسلم يَقُولُ : بُنِيَ الْاِسْلَامُ عَلَى خَمْسِ : شَهَادّةِ أَنْ لَا اِلهَ اِلَّا اللهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللهِ, وَاِقَامِ الصَّلَاةِ, وَاِيْتَاءِ الزَّكَاةِ, وَحَجِّ البَيْتِ, وَصَوْمِ رَمَضَانَ.

Dari Abu Abdurrahman ‘Abdullah bin ‘Umar bin al-Khaththab Radhiyallahu ‘Anhu, ia berkata, “Aku mendengar Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, ‘Islam dibangun di atas lima perkara; persaksian bahwa tiada tuhan yang berhak disembah kecuali Allah, dan bahwa Muhammad adalah utusan Allah, mendirikan shalat, menunaikan zakat, berhaji ke Baitullah, dan berpuasa Ramadhan’.” (HR. Bukhari No. 8 dan Muslim No. 16)

Kesimpulan isi hadits :

  1. Pengumpamaan/ permisalan Islam sebagai sebuah bangunan. Ini banyak dilakukan oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam dalam menjelaskan agama ini untuk mendekatkan pemahaman para sahabat dan umat beliau.
  2. Bahwasanya bangunan ini memiliki bagian-bagian yang banyak. Sebagaimana Islam juga memiliki cabang-cabang dan amalan-amalan yang banyak. Namun amalan-amalan ini memiliki fungsi dan peran yang tidak sama. Dan di antara cabang-cabang dan amalan-amalan Islam itu, lima perkara ini adalah pilar/ pokoknya yang jika sampai dirusak/ ditinggalkan maka dampaknya akan sangat besar terhadap suatu bangunan.
  3. Pentingnya syahadat yang disebut oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam dalam hadits yang lain sebagai pokok perkara dan gerbang bagi seseorang untuk dianggap sebagai bagian dari umat Islam.
  4. Arti dari Laa Ilaaha Illallah yang menunjukkan bahwasanya tidak ada yang berhak dan layak disembah kecuali Allah Subhanahu wa Ta’ala.
  5. Konsekuensi dari syahadat yaitu meninggalkan semua bentuk syirik, baik yang besar maupun yang kecil.
  6. Sikap tengah bagi umat Islam dalam iman kepada Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam yakni meyakini beliau sebagai hamba dan rasul Allah Subhanahu wa Ta’ala. Hamba jangan dituhankan, dan rasul jangan dihinakan.
  7. Syahadat yang kedua ini memiliki empat konsekuensi, yaitu : mengimani dan mempercayai kabar-kabar yang Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam sampaikan, menjalankan perintah-perintah beliau semampu kita, meninggalkan semua larangannya, dan tidak beribadah kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala kecuali dengan cara yang telah beliau syari’atkan dan beliau contohkan. Ini menuntut kita untuk terus belajar, mendalami seperti apa sunnah-sunnah Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, dan jangan menambah-nambah dalam agama. Kerjakan yang dicontohkan saja, dan itu sudah cukup.
  8. Pentingnya sholat dalam Islam yang disebutkan laksana tiang dari sebuah tenda, yang tenda tidak bisa berdiri tanpanya. Demikian juga dalam Islam, kedudukan sholat adalah seperti itu. Jika sampai sholat ini ditinggalkan, maka hal ini bisa membuat seluruh bangunan Islam menjadi runtuh. Artinya, seseorang dianggap keluar dari Islam menurut sebagian ulama berdasarkan keterangan dari Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam.
  9. Demikian juga dengan menunaikan zakat, haji ke Baitullah, dan puasa Ramadhan. Semuanya adalah pilar-pilar Islam yang harus kita perhatikan dengan perhatian yang lebih. Yang harus kita jaga dan jangan sampai kita meninggalkan kelima rukun Islam ini. Karena lima rukun dan pilar ini tidak sama dengan cabang-cabang Islam yang lain, dimana jika kita meremehkan/ meninggalkannya maka itu berdampak sangat besar terhadap bangunan Islam yang sedang kita bangun.

Wallahu a’lam.

Mp3 kajian Hadits Arbain ke-3 : Rukun Islam


Sumber audio: radiorodja.com

Mari turut menyebarkan catatan kajian “Hadits Arbain ke-3 : Rukun Islam” ini di media sosial yang Anda miliki, baik itu facebook, twitter, atau yang lainnya. Semoga bisa menjadi pintu kebaikan bagi kita semua. Barakallahu fiikum..

Komentar

WORDPRESS: 0