Kiat Sukses Di Bulan Ramadhan – Sudah Istighfar Atau Belum?

Kiat Sukses Di Bulan Ramadhan – Sudah Istighfar Atau Belum?

ceramah tentang gowes

Berikut pembahasan Kiat Sukses Di Bulan Ramadhan - Sudah Istighfar Atau Belum yang disampaikan Ustadz Muhammad Nuzul Dzikri Hafidzahullahu Ta’ala. Tra

2# Kaidah-Kaidah Bersabar: Hendaklah Seseorang Menyadari Dosa-Dosanya
Dosa-Dosa Bahayanya Lisan
Dosa Lisan Yang Berkaitan Dengan Orang Lain

Berikut pembahasan Kiat Sukses Di Bulan Ramadhan – Sudah Istighfar Atau Belum yang disampaikan Ustadz Muhammad Nuzul Dzikri Hafidzahullahu Ta’ala.

Transkrip Kultum Singkat Tentang Kiat Sukses Di Bulan Ramadhan – Sudah Istighfar Atau Belum?

Kita semua pastinya ingin menjalani Ramadhan dengan tenang, dengan nyaman. Kita tidak ingin urusan kantor kita justru numpuk di Ramadhan. Kita ingin dapat suasana yang syahdu. Oleh karena itu, hadirin sekalian.., perbanyaklah istighfar kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala di hari-hari ini. Allah berfirman dalam Surat Hud ayat 3:

وَأَنِ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ ثُمَّ تُوبُوا إِلَيْهِ يُمَتِّعْكُمْ مَتَاعًا حَسَنًا

dan beristighfarlah kepada Rabb kalian kemudian bertaubatlah kepadanya, niscaya Allah akan memberikan kenikmatan yang baik dan hidup yang nyaman buat kalian.

Jika kita ber-istighfar di hari-hari ini, Allah akan buat kehidupan kita di Ramadhan itu nyaman dan kondusif buat ibadah. Betapa banyak orang sudah semangat ibadah ternyata kehidupannya tidak kondusif? Mertua merongrong lah atau mungkin orang tua ikut campur atau mungkin urusan kerjaan, ditugaskan sama bos, terus cuti sudah habis pula. Perbanyak istighfar biar itu kita tidak mengalaminya!

Allah menganugerahkan kehidupan, kenikmatan yang nyaman buat kalian. Dan alangkah indahnya jika itu terjadi di bulan suci Ramadhan. Bukankah di saat Ramadhan kita ingin berada di puncak kesehatan kita dan di puncak kekuatan kita? Kita tidak ingin di hari kedua drop, di hari ke-21 opname. Maka solusinya adalah memperbanyak istighfar kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Allah berfirman dalam surat hud ayat 52 :

وَيَا قَوْمِ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ ثُمَّ تُوبُوا إِلَيْهِ

“Wahai kaumku beristighfarlah kepada Allah kemudian bertaubatlah kepadaNya.”

Apa yg akan terjadi kalau kita beristighfar dan bertaubat kepada Allah?

يُرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُمْ مِدْرَارًا

“Allah akan turunkan hujan kepada kalian hujan yang berkah yang deras.”

وَيَزِدْكُمْ قُوَّةً إِلَىٰ قُوَّتِكُمْ

“dan Allah akan tambahkan kekuatan kepada kalian.”

Stamina kita ditambahkan oleh Allah. Yang harusnya kita tidak sanggup kalau sudah masuk malam lailatul qadar, biasanya jika kita begadang di luar Ramadhan, pasti siang ngedrop. Namun jika Allah menambahkan kekuatanNya, tidak drop! Allah memberian kekuatan biar kita tidak drop, tidak sakit. Istighfar kepada Allah dan taubat kepada Allah! Ini waktunya taubat dan do’a kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Banyak orang masuk Ramadhan, lemes, tidur, lalu nonton, berendam di bathtub. Kalau tidak kuat ya sudah, karena tidak banyak ber-istighfar kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Kadang yang membuat kita lemas ini kan dosa salah satunya. Kalau dosa sudah menumpuk kan pegal juga! Antum jalan tidak ada beban dibandingkan dengan antum jalan membawa ransel 40 kilogram, kira-kira sama kekuatannya? Beda!  Dan itu yang Allah sampaikan di dalam surat Al-Insyirah :

أَلَمْ نَشْرَحْ لَكَ صَدْرَكَ

“Bukanlah kami telah melapangkan untukmu dadamu? (1)

وَوَضَعْنَا عَنْكَ وِزْرَكَ

“dan Kami telah menghilangkan darimu bebanmu.”(2)

Kita sudah singkirkan tuh dosa atau kesalahan anda.

الَّذِي أَنْقَضَ ظَهْرَكَ

“yang memberatkan punggungmu.”(3)

Di pundak Anda dosa sudah menempel sampai bungkuk jalannya, kemudian disingkirkan oleh Allah menjadi enak dan sehat.

Yang bikin kita lama baca satu juz tidak khatam-khatam, hari pertama tidak dapat 1 juz, hari kedua tidak dapat, hari ketiga tidak dapat, hari keempat tidak dapat juga. Akhirnya putus harapan, hari kelima suruh Syaikh Sudais yang membaca, suruh Syaih Misyari Rasyid yang membaca dengan diputarin saja murottal mereka. Bagus, tapi anda harusnya baca! Ilmu sudah matang, tapi kita lupa ber-istighfar, lemas.Banyak doa kepada Allah dan taubat kepada Allah Jalla wa Ala.

Video Kultum Singkat Tentang Kiat Sukses Di Bulan Ramadhan – Sudah Istighfar Atau Belum?

Catatan Materi Kultum Cara Menghilangkan Rasa Malas Ibadah: Paksa Hatimu Beramal

Materi ceramah singkat ini diambil dari video rekaman team Ustadz Muhammad Nuzul Dzikri dengan judul asli BULAN RAMADHAN, SUDAH ISTIGHFAR ATAU BELUM? (4 menitan!)

COMMENTS

%d blogger menyukai ini: