Mahalnya Hidayah: Kisah Istri Nabi Nuh, Nabi Luth dan Fir’aun

Mahalnya Hidayah: Kisah Istri Nabi Nuh, Nabi Luth dan Fir’aun

iklan erto's

Lihatlah dua istri Nabi yang dimana sebab hidayah semua ada pada kedua wanita tersebut. Bahkan suami mereka adalah Nabi, namun mereka tidak dapat hidayah.

Tulisan tentang “Mahalnya Hidayah: Kisah Istri Nabi Nuh, Nabi Luth dan Fir’aun” ini adalah catatan faedah dari ceramah singkat yang dibawakan oleh Ustadz DR. Firanda Andirja, Lc. MA. Hafidzahullahu Ta’ala.

Mahalnya Hidayah: Kisah Istri Nabi Nuh, Nabi Luth dan Fir’aun

Jamaah shalat subuh yang dirahmati Allah Subhanahu wa Ta’ala, tadi kita dengarkan firman Allah di akhir surat At-Tahrim tentang kisah istri Nabi Nuh dan istri Nabi Luth, demikian juga istrinya Firaun. Di mana Allah berfirman bahwasanya:

ضَرَبَ اللَّـهُ مَثَلًا لِّلَّذِينَ كَفَرُوا امْرَأَتَ نُوحٍ وَامْرَأَتَ لُوطٍ ۖ كَانَتَا تَحْتَ عَبْدَيْنِ مِنْ عِبَادِنَا صَالِحَيْنِ فَخَانَتَاهُمَا فَلَمْ يُغْنِيَا عَنْهُمَا مِنَ اللَّـهِ شَيْئًا…

“Allah memberi perumpamaan kepada orang kafir tentang dua istri, yaitu istrinya dua hamba Allah yang shalih (istrinya Nabi Nuh dan istrinya Nabi Luth). Namun keduanya berkhianat (keduanya kafir) dan akhirnya mereka berdua pun masuk ke dalam neraka jahanam…”

Sebaliknya, Allah mengatakan:

وَضَرَبَ اللَّـهُ مَثَلًا لِّلَّذِينَ آمَنُوا امْرَأَتَ فِرْعَوْنَ…

“Allah beri perumpamaan kepada orang beriman tentang istrinya Fir’aun.”

إِذْ قَالَتْ رَبِّ ابْنِ لِي عِندَكَ بَيْتًا فِي الْجَنَّةِ

“Tatkala istri Fir’aun berkata: ‘Ya Rabbku, bangunkanlah rumah bagiku di surga.”

Ini dalil bahwasanya hidayah itu mahal, semuanya di sisi Allah Subhanahu wa Ta’ala. Lihatlah dua istri Nabi yang dimana sebab hidayah semua ada pada kedua wanita tersebut. Bahkan suami mereka adalah Nabi, namun mereka tidak dapat hidayah.

Sebaliknya, lihatlah istri Fira’un yang suaminya orang paling kafir di atas muka bumi, dia ngaku sebagai Tuhan, tapi istrinya dapat hidayah.

Oleh karenanya hidayah nilainya sangat mahal. Jika seseorang mendapatkan hidayah, maka dia bersyukur kepada Allah.

Lihatlah orang-orang munafik yang tinggal bersama Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam di kota Madinah. Mereka ngerti bahasa Arab, mereka juga ikut shalat berjamaah, mereka sering datang ke masjid, mereka terkadang ikut berjihad bersama Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, mereka mendengar ceramah-ceramah Nabi, Mereka melihat mukjizat-mukjizat Nabi, mereka melihat akhlak Nabi, tetapi mereka tetap saja munafik. Kalau Allah tidak kasih hidayah, maka seseorang tidak akan dapat hidayah.

Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala mewafatkan kita di atas Islam dan iman.

Mp3 Ceramah Singkat Mahalnya Hidayah: Kisah Istri Nabi Nuh, Nabi Luth dan Fir’aun

Sumber mp3: Team kelas UFA Official

Mari turut menyebarkan catatan kajian tentang “Mahalnya Hidayah: Kisah Istri Nabi Nuh, Nabi Luth dan Fir’aun” ini di media sosial yang Anda miliki, baik itu facebook, twitter, atau yang lainnya. Semoga bisa menjadi pintu kebaikan bagi yang lain. Barakallahu fiikum..

Komentar

WORDPRESS: 0
DISQUS: