Hadits Arbain ke-12 : Cara Manajemen Waktu

Hadits Arbain ke-12 : Cara Manajemen Waktu

pandai mendengar

Tulisan tentang “Hadits Arbain ke-12 : Cara Manajemen Waktu” ini adalah ringkasan yang bisa kami ketik dari kajian Kitab Al-Arba’in An-Nawawiyah yang

Hadits Arbain ke-2 : Pengertian Islam, Iman, dan Ihsan
Hadits Tentang Akhlak
Buku 150 Tanya Jawab Anak Muslim Disertai Hadits Tentang Anak

Tulisan tentang “Hadits Arbain ke-12 : Cara Manajemen Waktu” ini adalah ringkasan yang bisa kami ketik dari kajian Kitab Al-Arba’in An-Nawawiyah yang disampaikan oleh Ustadz Anas Burhanuddin, M.A. hafizhahullahu ta’ala.

Hadits Arbain ke-12 : Cara Manajemen Waktu

 

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم : مِنْ حُسْنِ اِسْلَامِ المَرْءِ تَرْكُهُ مَا لَا يَعْنِهِ.

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu, ia berkata : Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, “Di antara kebaikan Islam seseorang ialah meninggalkan apa yang tidak penting baginya.” (Hadits hasan, diriwayatkan oleh At Tirmidzi no. 2317 dan yang lainnya)

Kesimpulan Isi Hadits :

  1. Meninggalkan hal-hal yang tidak bermanfaat dalam urusan dunia dan akhirat.
  2. Melakukan hal-hal yang bermanfaat untuk kita dalam urusan dunia dan akhirat. Menyibukkan diri dengan hal yang wajib dan sunnah. Yang mubah boleh sesekali tetapi jangan berlebihan. Tinggalkan yang haram, makruh, syubhat, dan yang berlebihan meski hukumnya mubah.
  3. Saat kita meninggalkan hal-hal yang tidak bermanfaat, maka disana akan ada ketenangan jiwa. Karena itulah sifat ketaatan kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Abu Sulaiman Ad Daurani rahimahullahu ta’ala pernah mengatakan, “Para pelaku ketaatan, dalam ketaatan mereka mendapatkan kelezatan yang lebih besar daripada kelezatan yang dirasakan oleh para pelaku maksiat.”
  4. Seluruh manusia (khususnya umat Islam) bertingkat-tingkat dalam hal ini. Ada orang-orang yang bisa meninggalkan perkara-perkara yang tidak penting, dan ada orang-orang yang masih menyibukkan diri dengan perkara-perkara yang tidak penting untuknya. Akan tetapi ada juga orang-orang yang Allah Subhanahu wa Ta’ala pilih yang mereka menyibukkan diri dengan ketaatan-ketaatan yang wajib maupun yang sunnah.

Wallahu a’lam.

Mp3 kajian hadits arbain ke-12 : Cara Manajemen Waktu

Sumber audio: radiorodja.com

Mari turut menyebarkan catatan kajian “Hadits Arbain ke-12 : Cara Manajemen Waktu” ini di media sosial yang Anda miliki, baik itu facebook, twitter, atau yang lainnya. Semoga bisa menjadi pintu kebaikan bagi kita semua. Barakallahu fiikum..

Komentar

WORDPRESS: 0