4# Kaidah-Kaidah Bersabar: Memaafkan Akan Menyelamatkan Hati

4# Kaidah-Kaidah Bersabar: Memaafkan Akan Menyelamatkan Hati

Berikut pembahasan Kaidah-Kaidah Bersabar: Memaafkan Akan Menyelamatkan Hati yang disampaikan Ustadz Abdullah Roy Hafidzahullahu Ta’ala. Tr

Khutbah Jumat Menyentuh Hati Tentang Kegembiraan dan Kesedihan Seorang Muslim
Kultum Singkat Kunci Kemenangan Kaum Muslimin: Tegakkan Tauhid di Hatimu
4# Hati Yang Bersih Selamat dari Seluruh Perkara Yang Memutuskan Dia dari Mengingat Allah

Berikut pembahasan Kaidah-Kaidah Bersabar: Memaafkan Akan Menyelamatkan Hati yang disampaikan Ustadz Abdullah Roy Hafidzahullahu Ta’ala.

Silahkan daftar atau login(GRATIS) terlebih dahulu untuk men-copy.. Barakallahu fiikum..

Transkrip sebelumnya: 3# Kaidah-Kaidah Bersabar: Menyadari Pahala Sabar Ketika Dizalimi Orang Lain

Transkrip Kaidah-Kaidah Bersabar: Memaafkan Akan Menyelamatkan Hati

Menit-36:44

Kata beliau Rahimahullah:

أن يشهد أنه إذا عفى وأحسن أورثه ذلك من سلامة القلب لإخوانه، ونقائه من الغش، والغل، وطلب الانتقام، وإرادة الشر،

Hendaklah seseorang menyadari apabila dia memaafkan dan berbuat baik, maka ini akan mengakibatkan keselamatan hatinya. Akibatnya adalah hatinya akan menjadi bersih dari penipuan terhadap saudara, dendam kepada saudara, keinginan untuk membalas dendam, kehendak-kehendak untuk berbuat jelek.

Jadi kalau orang memaafkan, maka itu semua akan hilang dari dalam hatinya. Kalau seseorang memaafkan, dia tidak akan berpikir lagi untuk membalas dendam atau berkeinginan untuk melakukan kejelekan kepada orang tersebut. Hal ini karena dia sudah memaafkan. Maka dia hidup dalam keadaan bersih hatinya dari penyakit-penyakit tersebut.

Maka Syaikh mengatakan bahwa akan ada di dalam hatinya:

حلاوة العفو

Nikmatnya dan manisnya memaafkan yang akan menambah lezatnya dan juga manfaatnya baik sekarang maupun yang akan datang. Manfaatnya lebih besar daripada ketika seseorang membalas dendam kepada orang lain.

Dan ini masuk kedalam firman Allah:

Ngaji:
2# Kaidah-Kaidah Bersabar: Hendaklah Seseorang Menyadari Dosa-Dosanya

وَاللَّهُ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ

dan Allah mencintai orang-orang yang berbuat baik.”  (QS. Ali-Imran[3]: 134)

Kemudian beliau berkata:

فيصير محبوبا لله، ويصير حاله حال من أُخِذَ منه دراهم فَعُوِّضَ عنها ألوفاً من الدنانير، فحينئذ يفرح بما مَنَّ الله عليه أعظم فرحٍ ما يكون.

Apalagi orang yang memaafkan termasuk orang yang berbuat baik. Dan orang yang berbuat baik Allah mengatakan,  “Allah mencintai orang-orang yang berbuat baik.”

Jadi kalau dia memaafkan, maka jadilah dia dicintai oleh Allah. Dan siapa diantara kita yang tidak ingin menjadi orang yang dicintai oleh Allah?

Kemudian beliau mengatakan, “Jadilah keadaan dia seperti keadaan orang yang diambil darinya satu dirham kemudian diganti dengan ribuan dinar.”

Diucapkan kepadanya satu atau dua ucapan yang isinya adalah celaan. Tapi ketika dia bersabar, maka Allah akan menggantikan dengan yang lebih banyak. Kalau dia memaafkan maka akan dicintai oleh Allah. Maka diumpamakan dia seperti orang yang diambil darinya satu dirham kemudian diganti dengan ribuan dinar. Tentunya dia mendapatkan keuntungan yang besar dan dia akan bergembira dengan karunia Allah yang telah memberikan kepada dirinya.

Menit-40:56

5# Kaidah-Kaidah Bersabar: Balas Dendam Menjadikan Dirinya Hina

Video Kaidah-Kaidah Bersabar: Memaafkan Akan Menyelamatkan Hati

Ditulis dari video rekaman kajian ilmiah Yufid TV tentang Kaidah-Kaidah Dalam Bersabar – Ustadz Dr. Abdullah Roy, MA. Kitab ini juga pernah dibahas di Radio Rodja dengan judul 20 Sebab Kenapa Harus Memaafkan (Ustadz Dr. Firanda Andirja, M.A.).

COMMENTS

WORDPRESS: 2
  • comment-avatar

    […] 4# Kaidah-Kaidah Bersabar: Memaafkan Akan Menyelamatkan Hati […]

  • comment-avatar

    […] Transkrip sebelumny: 4# Kaidah-Kaidah Bersabar: Memaafkan Akan Menyelamatkan Hati […]

  • Login/daftar untuk men-copy (GRATIS)