Kultum Tentang Nikmat Persaudaraan

Kultum Tentang Nikmat Persaudaraan

pandai mendengar

"Dan ingatlah nikmat yang Allah berikan kepada kalian, dahulu kalian saling bermusuh-musuhan, maka dengan nikmat Allah jadilah kalian bersaudara." (QS. Ali 'Imran[3]: 103)

Muqaddimah 2 Silsilah Amalan Dan Penyakit Hati
Kita Ngaji, Belajar, Menuntut Ilmu Untuk Apa???
Ceramah Singkat: Pahamilah Ini Agar Anda Bahagia

Tulisan tentang “Nikmat Persaudaraan” ini adalah catatan faedah dari ceramah singkat yang dibawakan oleh Ustadz DR. Firanda Andirja, Lc. MA. Hafidzahullahu Ta’ala.

Kultum Tentang Nikmat Persaudaraan

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

وَاذْكُرُوا نِعْمَتَ اللَّهِ عَلَيْكُمْ إِذْ كُنتُمْ أَعْدَاءً فَأَلَّفَ بَيْنَ قُلُوبِكُمْ فَأَصْبَحْتُم بِنِعْمَتِهِ إِخْوَانًا

Dan ingatlah nikmat yang Allah berikan kepada kalian, dahulu kalian saling bermusuh-musuhan, maka dengan nikmat Allah jadilah kalian bersaudara.” (QS. Ali ‘Imran[3]: 103)

Ayat ini turun berkaitan dengan kaum Al-Anshar yang asalnya adalah penduduk kota Madinah. Mereka terdiri atas 2 suku; suku Al-Aus dan suku Al-Khazraj. Kedua suku ini berinduk kepada satu nenek moyang, mereka dikenal dengan Banu Qailah (Arab: بني قيلة).

Mereka satu nenek moyang, tetapi mereka terjadi perang saudara di antara mereka. Sampai disebutkan perang saudara tersebut hingga 120 tahun. Dan puncak peperangan yang paling hebat sekitar 5 tahun sebelum Nabi berhijrah, ada suatu peperangan yang disebut dengan Yaumu Buats (Arab: يوم بعاث).

Intinya mereka bersaudara, tapi bertengkar sampai saling berperang, saling bunuh-bunuhan, dan itu berjalan sekitar 120 tahun.

Datanglah Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, maka Allah menyatukan hati-hati mereka. Kata Allah Subhanahu wa Ta’ala:

فَأَلَّفَ بَيْنَ قُلُوبِكُمْ

“Maka Allah satukan hati-hati kalian.”

Allah Subhanahu wa Ta’ala menyebutkan bahwasanya persaudaraan adalah nikmat. Kata Allah:

وَاذْكُرُوا نِعْمَتَ اللَّهِ عَلَيْكُمْ

“Ingatlah nikmat yang Allah berikan kepada kalian.” Yaitu kalian menjadi bersaudara.

Makanya Allah mengatkaan:

فَأَصْبَحْتُم بِنِعْمَتِهِ

“Maka dengan karunia Allah jadilah kalian bersaudara.”

Ini nikmat yang terkadang kita lupakan. Nikmat persaudaraan, nikmat persahabatan, nikmat pertemanan. Kalau Allah tidak berkehendak, maka seseorang tidak akan cocok satu dengan yang lainnya.

Oleh karenanya jika seseorang menjalin persahabatan dengan kawannya, dengan temannya, dengan saudaranya, maka dia jaga, karena itu nikmat Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Segala perkara yang bisa memupuk persahabatan dan persaudaraan, maka dianjurkan. Dan segala perkara yang bisa memutuskan/merenggangkan persaudaraan, maka hendaknya dijauhi. Itu menunjukkan kita menghargai nikmat Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala senantiasa menjadikan kita hamba-hambaNya yang saling bersaudara, yang saling memaafkan kalau ada kesalahan dan saling memahami.

Mp3 Ceramah Singkat

Sumber mp3: Team kelas UFA Official

Mari turut menyebarkan catatan kajian tentang “Nikmat Persaudaraan” ini di media sosial yang Anda miliki, baik itu facebook, twitter, atau yang lainnya. Semoga bisa menjadi pintu kebaikan bagi yang lain. Barakallahu fiikum..

Komentar

WORDPRESS: 0