Menggabungkan Takwa dan Sabar untuk Meraih Kesuksesan Dunia dan Akhirat

Menggabungkan Takwa dan Sabar untuk Meraih Kesuksesan Dunia dan Akhirat

dukung ngaji id

Barangsiapa yang ingin mendapat solusi dan meraih kesudahan yang indah, maka dia harus menggabungkan dua perkara ini, yaitu takwa dan sabar.

Takwa dan Sabar untuk Meraih Kesuksesan Dunia dan Akhirat
Khutbah Jumat: Mulia Dengan Islam
Materi Kultum Singkat Yang Menarik: Perjalanan Menuju Kampung Akhirat

Tulisan tentang “Menggabungkan Takwa dan Sabar untuk Meraih Kesuksesan Dunia dan Akhirat” ini adalah catatan faedah dari ceramah singkat yang dibawakan oleh Ustadz DR. Firanda Andirja, Lc. MA. Hafidzahullahu Ta’ala.

Menggabungkan Takwa dan Sabar untuk Meraih Kesuksesan Dunia dan Akhirat

Para jama’ah yang dirahmati Allah Subhanahu wa Ta’ala, tadi kita dengarkan ayat ketika Yusuf membongkar kartunya kepada saudaranya, mereka mengatakan:

أَإِنَّكَ لَأَنتَ يُوسُفُ

Apakah engkau adalah Yusuf?

Akhirnya Yusuf mengabarkan:

أَنَا يُوسُفُ وَهَٰذَا أَخِي ۖ قَدْ مَنَّ اللَّهُ عَلَيْنَا

Saya adalah Yusuf dan ini saudaraku (Bunyamin), Allah telah berikan anugerah kepada kami.

Kemudian Yusuf berkata:

إِنَّهُ مَن يَتَّقِ وَيَصْبِرْ فَإِنَّ اللَّهَ لَا يُضِيعُ أَجْرَ الْمُحْسِنِينَ

Sesungguhnya barangsiapa yang bertakwa dan bersabar, Allah tidak akan menyia-nyiakan ganjaran bagi orang yang berbuat ihsan (kebaikan).” (QS. Yusuf[12]: 90)

Di sini Yusuf mengatakan: “Barangsiapa yang bertakwa dan bersabar,” maka barangsiapa yang ingin mendapat solusi dan meraih kesudahan yang indah, maka dia harus menggabungkan dua perkara ini, yaitu takwa dan sabar.

Ada sebagian orang hanya bertakwa tapi tidak bersabar. Dia mungkin ke masjid dan berdoa, tapi dia kurang bersabar. Ada sebagian orang bersabar tapi tidak bertakwa, dia tidak menyandarkannya kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, hanya sekedar bersabar menghadapi pernak-pernik kehidupan dunia.

Untuk meraih kesudahan yang indah harus tergabungkan keduanya, yaitu takwa dan sabar sebagaimana tadi perkataan Yusuf. Karena Allah tidak akan menyia-nyiakan orang berbuat baik. Kalau orang berbuat ihsan, Allah pasti mengetahuinya.

Ini juga dalil bahwasanya orang yang berbuat baik, bersabar dan bertakwa, dia akan mendapatkan hasilnya di dunia sebelum di akhirat. Jangan sampai seorang berburuk sangka kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, menyangka bahwasanya Allah hanya memberi ganjaran di akhirat saja, tidak. Ini termasuk berburuk sangka kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Orang yang bertakwa bersabar, Allah akan berikan ganjaran di dunia sebelum di akhirat. Sebagaimana Yusuf ‘Alaihis Salam berkata:

قَدْ مَنَّ اللَّهُ عَلَيْنَا

“Allah telah memberikan anugerah kepada kami.”

Lalu dia jelaskan, kenapa? Yaitu “karena kami bertakwa dan bersabar.”

Jadi, seorang senantiasa husnudzan kepada Allah, jangan berburuk sangka kepada Allah, sehingga Allah memberikan dia ganjaran di dunia sebelum di akhirat.

Mp3 Ceramah Singkat

Sumber mp3: Team kelas UFA Official

Mari turut menyebarkan catatan kajian tentang “Menggabungkan Takwa dan Sabar untuk Meraih Kesuksesan Dunia dan Akhirat” ini di media sosial yang Anda miliki, baik itu facebook, twitter, atau yang lainnya. Semoga bisa menjadi pintu kebaikan bagi yang lain. Barakallahu fiikum..

Komentar

WORDPRESS: 0