Tauhid Adalah Hak Allah Yang Paling Agung

Tauhid Adalah Hak Allah Yang Paling Agung

ceramah tentang gowes

Tauhid Adalah Hak Allah Yang Paling Agung ini adalah bagian dari pembahasan tabligh akbar berjudul "Keesaan Allah Ta'ala" yang disampaikan oleh Syaikh

Pembatal-Pembatal Tauhid
Penutup Tabligh Akbar Keesaan Allah Ta’ala
Pondasi dan Lawan Tauhid

Tauhid Adalah Hak Allah Yang Paling Agung ini adalah bagian dari pembahasan tabligh akbar berjudul “Keesaan Allah Ta’ala” yang disampaikan oleh Syaikh Prof. Dr. ‘Abdur Razzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-Badr.

A. Kedudukan dan Kemuliaan Tauhid Dalam Agama Islam
B. Pengertian dan Hakikat Tauhid

C. Tauhid Adalah Hak Allah Yang Paling Agung

Menit ke-1:14:33. Diantara hak-hak Allah dan itu adalah hak yang paling agung daripada hak Allah adalah agar manusia beribadah kepadaNya saja dan tidak membutuhkan apapun dengan Allah Subhanahu wa Ta’ala. Hal ini sebagaimana yang Allah firmankan:

وَمَا أُمِرُوا إِلَّا لِيَعْبُدُوا اللَّـهَ مُخْلِصِينَ لَهُ الدِّينَ…

“Tidaklah manusia itu diperintahkan kecuali agar mereka beribadah kepada Allah, mengikhlaskan untuk Allah ketaatan mereka tersebut…”

Juga Allah berfirman:

قُلْ إِنَّ صَلَاتِي وَنُسُكِي وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِي لِلَّـهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ ﴿١٦٢﴾ لَا شَرِيكَ لَهُ ۖ وَبِذَٰلِكَ أُمِرْتُ وَأَنَا أَوَّلُ الْمُسْلِمِينَ ﴿١٦٣﴾

Katakanlah: sesungguhnya shalatku, ibadatku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah Subhanahu wa Ta’ala. Tidak ada sekutu bagiNya, dan dengan itu aku diperintahkan dan aku akan selalu menjadi awal-awal orang-orang yang Islam.” (QS. Al-An’am[6]: 163)

Mengesakan Allah dalam hal ini merupakah hak Allah Subhanahu wa Ta’ala, hak Allah terhadap hambaNya. Yaitu agar hambaNya mengesakan Allah Subhanahu wa Ta’ala. Dan wajib bagi seorang hamba untuk mengesakan Allah dalam hal tersebut dan tidak menjadikan sesuatu daripada ibadah itu dia peruntukan kepada sesuatu selain Allah. Seorang tidak boleh berdoa kepada selain Allah, seseorang tidak boleh minta pertolongan dan bantuan kepada selain Allah, seseorang tidak boleh menyembelih untuk selain Allah, seseorang tidak boleh bernadzar kepada selain Allah Subhanahu wa Ta’ala. Karena semua itu adalah ketaatan dan ibadah. Ketaatan harus satu-satunya untuk Allah dan ibadah semuanya harus untuk Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Dan hendaklah di dalam ibadah tersebut mereka mengikhlaskan niat mereka untuk melakukan itu mengharapkan ridha Allah Subhanahu wa Ta’ala. Barangsiapa yang melakukan ibadah ini kepada selain Allah, dengan itu dia telah menghanguskan tauhidnya, telah membatalkan ibadah dan ketaatannya. Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

مَنْ مَاتَ وَهُوَ يَدْعُو مِنْ دُونِ اللهِ نِدًّا دَخَلَ النَّارَ

“Barangsiapa yang meninggal dunia dan dia berdoa kepada selain Allah, dia pasti masuk neraka.” (HR. Bukhari)

Dan hendaklah setiap Mukmin mengetahui hak Allah ini dan mengetahui keagungan dan kemuliaan hak Allah dan menjadikan seluruh agama dan ketaatannya hanya diperuntukkan kepada Allah dan menjadikan seluruh ketaatannya kepada Allah dan untuk Allah dan tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun.

D. Tauhid adalah makna Laa Ilaaha Illallah

Baca di sini: Tauhid adalah makna Laa Ilaaha Illallah

Sumber Catatan Tauhid Adalah Hak Allah Yang Paling Agung

Sumber video: Rodja TV – Tabligh Akbar: Keesaan Allah Ta’ala (Syaikh Prof. Dr. ‘Abdur Razzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-Badr)

Mari turut menyebarkan kajian Tauhid Adalah Hak Allah Yang Paling Agung ini di media sosial yang Anda miliki, baik itu facebook, twitter, atau yang lainnya. Semoga bisa menjadi pintu kebaikan bagi kita semua. Barakallahu fiikum..

COMMENTS

Saudaraku, silahkan login atau daftar terlebih dahulu ya. Barakallahu fiik.
%d blogger menyukai ini: