Khutbah Jumat Singkat : Takdir Allah Yang Terbaik

Khutbah Jumat Singkat : Takdir Allah Yang Terbaik

iklan erto's

 Khutbah Jumat singkat padat “Takdir Allah Yang Terbaik” ini disampaikan oleh Ustadz Abdullah Zaen, M.A. Hafizhahullahu Ta’ala.

Khutbah Jumat Singkat: Takdir Allah Yang Terbaik

Khutbah Pertama

إنَّ الـحَمْدَ لِلّهِ نَـحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ، وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُورِ أَنْفُسِنَا وَ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلَا مُضِلَّ لَهُ، وَمَنْ يُضْلِلْ فَلَا هَادِيَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَن لاَّ إِلَهَ إِلاَّ الله وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُـحَمَّداً عَبْدُهُ وَرَسُولُه، وحبيبه وخليله، صلوات ربي وسلامه وبركاته عليه، وعلى آله وأصحابه ومن تبعهم بإحسان إلى يوم الدين

اما بعد

فيا عباد الله أوصيكم ونفسي بتقوى الله

Jama’ah Jum’at rahimakumullah,

Marilah kita tingkatkan ketakwaan kita kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala dengan ketakwaan yang sebenar-benarnya. Yaitu dengan mengamalkan apa yang diperintahkan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala dan RasulNya Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Serta menjauhi apa yang dilarang oleh Allah ‘Azza wa Jalla dan oleh RasulNya Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam.

Jama’ah Jum’at rahimakumullah,

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda,

إِنَّ اللهَ لاَ يَقْضِي لِلْمُؤْمِنِ قَضَاءً إِلَّا كَانَ خَيْرًا لَهُ

“Sesungguhnya Allah tidaklah menakdirkan sesuatu untuk seorang mukmin melainkan pasti itulah yang terbaik untuknya.” (HR. Ahmad, 3:117. Syaikh Syuaib Al-Arnauth mengatakan bahwa hadits ini sahih).

Hadits ini menunjukkan bahwa sepahit apapun takdir yang menimpa mukmin atau mukminah pasti itulah yang terbaik untuknya. Entah dia bisa merasakan hikmah kebaikan tersebut dengan segera atau dia baru merasakannya setelah berapa lama berjalannya waktu.

Kaum muslimin yang kami hormati,

Beberapa hari yang lalu saya mendengar langsung sebuah kisah nyata tentang takdir Allah Subhanahu wa Ta’ala yang mengenai salah satu dari hamba-Nya. Di awal, takdir itu terlihat sangat pahit. Namun ternyata di akhirnya terasa begitu manis.

Cerita ini mengisahkan tentang seorang kakek yang berusia hampir 80 tahun yang menderita komplikasi penyakit; jantung bengkak, gula darah tinggi, kolesterol tinggi, asam urat level 9, kaki sudah bengkak dan tidak bisa lagi berjalan. Di suatu malam, saat beliau hanya ditemani oleh sang istri yang sudah nenek-nenek pula, kondisi kakek itu mendadak ngedrop. Pusing, dada sesak, lemas, dan tidak mau makan.

Alhamdulillah kedua putrinya tinggal di rumah yang dekat dari rumah beliau. Dan mereka pun segera membawa sang kakek ke rumah sakit. Sesampainya di sana, tes swab antigen ternyata hasilnya positif covid-19. Berita yang sangat menyedihkan bagi putra dan putri beliau.

Yang lebih tragis lagi, ketika meminta agar dirawat di rumah sakit tersebut, dengan keberatan yang sangat pihak rumah sakit menyampaikan bahwa bed pasien sudah penuh. Tidak ada lagi tempat perawatan. Anak-anaknya tidak putus asa, mencoba menghubungi rumah sakit yang lain. Ternyata penuh juga. Bahkan menghubungi rumah sakit umum daerah pun penuh, tidak ada lagi bed untuk perawatan pasien covid-19. Dengan hati yang nelangsa akhirnya mereka pun membawa sang kakek pulang untuk isolasi secara mandiri dan dirawat di rumah.

Putra-putri beliau memasrahkan segala sesuatunya kepada Allah Subhanahu wa ta’ala. Dan berusaha secara maksimal. Setelah dua bulan perawatan penuh dengan kasih sayang, ternyata hasilnya di luar dugaan. Beliau sembuh dari covid-19. Bahkan Allah Subhanahu wa Ta’ala menyembuhkan seluruh penyakit bawaan lainnya yang beliau derita.

Sebuah anugerah luar biasa dari Yang Maha Kuasa. Dan sudah enam bulan ini sang kakek bisa berjalan sebagaimana biasanya, tanpa alat bantu. Padahal sebelumnya beliau tidak bisa berjalan.

Sidang Jum’at rahimakumullah,

Itulah contoh nyata bagaimana takdir Allah Subhanahu wa Ta’ala bagi orang yang beriman pasti itulah yang terbaik. Siapa yang berharap tertular virus covid-19? Apalagi manakala sudah terlanjur memiliki berbagai penyakit berat bawaan alias komorbid. Tapi ketika Allah Subhanahu wa Ta’ala menakdirkan tertular, jangan putus asa. Tetaplah bersikap optimis dengan rahmat dan kuasa Allah Subhanahu wa Ta’ala. Tentu sambil diiringi dengan ikhtiar maksimal pencegahan dan penanganan.

اقول قولي هذا واستغفر الله لي ولكم، ولسائر للمؤمنين والمؤمنات، فاستغفروه، انه هو الغفور الرحيم

Khutbah Kedua

Sidang Jum’at yang kami hormati,

Hadits yang kami bawakan di awal khutbah tadi menjelaskan tentang takdir Allah Subhanahu wa Ta’ala bagi kaum mukminin. Beri garis bawah, bagi kaum mukminin. Bahwa takdir Allah Subhanahu wa Ta’ala itu pasti yang terbaik. Allah Subhanahu wa Ta’ala tidak akan memberikan kecuali yang terbaik untuk kaum mukminin.

Tapi lain cerita ketika takdir itu diberikan kepada orang kafir atau diberikan kepada orang-orang yang tidak beriman. Sangat mungkin takdir itu berubah menjadi adzab atau siksaan yang mengerikan. Maka kalau kita menginginkan untuk senantiasa mendapatkan takdir yang terbaik dari Allah Subhanahu wa Ta’ala, penuhi syaratnya. Jadilah orang yang beriman. Berusahalah untuk selalu menjalankan perintah Allah Subhanahu wa Ta’ala dan meninggalkan larangan-larangan-Nya. Niscaya Allah Subhanahu wa Ta’ala akan berkenan untuk terus-menerus mengaruniakan takdir terbaik-Nya untuk kita semua.

إِنَّ اللَّـهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا
اللهم صل وسلم وزد وبارك وانعم على سيدنا ومولانا محمد
اللهم اغفر للمؤمنين والمؤمنات، والمسلمين والمسلمات، الاحياء منهم والاموات، انك سميع قريب مجيب الدعوات
اللهم منزل الكتاب مجري السحاب هازم الاحزاب اهزم اعداءك اعداء الدين يا رب العالمين
رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنفُسَنَا وَإِن لَّمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُونَنَّ مِنَ الْخَاسِرِينَ
رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِن لَّدُنكَ رَحْمَةً ۚ إِنَّكَ أَنتَ الْوَهَّابُ
رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا اِنَّكَ اَنْتَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ وَتُبْ عَلَيْنَا اِنَّكَ اَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمُ.
رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ
و سبحان ربك رب العزه عما يصفون وسلام على المرسلين والحمد لله رب العالمين

Video Khutbah Jumat Singkat: Takdir Allah Yang Terbaik

Sumber video: Ustadz Abdullah Zaen

Mari turut menyebarkan tulisan tentang “Khutbah Jumat Singkat: Takdir Allah Yang Terbaik” ini di media sosial yang Anda miliki, baik itu facebook, twitter, atau yang lainnya. Semoga bisa menjadi pintu kebaikan bagi yang lain. Barakallahu fiikum..

Komentar

WORDPRESS: 0
DISQUS: