Siapakah wali-wali Allah?

Siapakah wali-wali Allah?

pandai mendengar

Siapakah wali-wali Allah? ini adalah apa yang bisa kami ketik dari tabligh akbar yang disampaikan oleh Syaikh Prof. Dr. 'Abdur Razzaq bin 'Abdil Muhsi

Cara Mendapatkan Akhlak Mulia
Sikap Meremehkan Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam
Berprasangka Baik Kepada Allah 

Siapakah wali-wali Allah? ini adalah apa yang bisa kami ketik dari tabligh akbar yang disampaikan oleh Syaikh Prof. Dr. ‘Abdur Razzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-Badr Hafidzahumullahu Ta’ala.

Lihat sebelumnya:

A. Mencintai Wali-Wali Allah
B. Bagaimana cara mencintai wali-wali Allah?

C. Siapakah wali-wali Allah?

Menit-29:27 Setelah kita mengetahui bahwasannya mencintai wali Allah merupakan salah satu ibadah yang sangat mulia, maka tentunya wajib bagi kita untuk mengetahui siapakah wali-wali Allah tersebut? Sebab ketika kita tidak memahami siapa wali-wali tersebut, bisa jadi akan tercampur antara yang wali dengan yang bukan wali sehingga akan mencintai orang yang bukan wali atau membenci yang wali.

Oleh karena itu masalah mengetahui siapakah wali Allah adalah sebuah masalah yang sangat urgent untuk kita ketahui.

1. Para Nabi dan Rasul ‘Alaihimush Shalatu was Salam

Pertama, wali Allah yang paling istimewa, kekasih Allah yang paling tinggi derajatnya adalah para Nabi dan para Rasul ‘Alaihimush Shalatu was Salam. Sebab mereka adalah menusia-manusia yang paling dicintai oleh Allah di muka bumi ini. Karena itu para ulama kita mengatakan bahwa setiap Nabi adalah wali. Karena para Nabi memiliki akhlak-akhlak yang sangat mulia, kriteria-kriteria yang sangat tinggi yang diantaranya adalah kedekatan mereka kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Bahkan mereka merupakan panutan yang harus kita contoh ketika kita mendekatkan diri kita kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.

2. Para sahabat Nabi

Setelah para Nabi dan para Rasul, maka para sahabat Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Sesungguhnya para sahabat Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam adalah manusia yang paling utama di muka bumi ini setelah para Nabi dan para Rasul. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

كُنتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ

Kalian (wahai para sahabat) adalah merupakan sebaik-baik manusia.” (QS. Ali-Imran[3]: 110)

Dan para sahabat adalah merupakan sebaik-baik manusia yang dilahirkan di muka bumi ini. Dan tentunya di antara para sahabat bertingkat-tingkat keutamaannya, yang paling utama adalah Abu Bakar Ash-Shiddiq Radhiyallahu ‘Anhu, kemudian ‘Umar bin Khattab Radhiyallahu ‘Anhu dan juga sahabat-sahabat berikutnya yang lainnya.

3. Orang-orang yang setia mengikuti ajaran mereka

Setelah itu baru kemudian orang-orang yang setia mengikuti ajaran mereka. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

وَالسَّابِقُونَ الْأَوَّلُونَ مِنَ الْمُهَاجِرِينَ وَالْأَنصَارِ وَالَّذِينَ اتَّبَعُوهُم بِإِحْسَانٍ

Orang-orang yang terdahulu yang masuk Islam dari kalangan muhajirin dan juga golongan anshar, dan orang-orang yang senantiasa setia mengikuti jejak para sahabat tersebut.” (QS. At-Taubah[9]: 100)

Inilah golongan berikutnya setelah para sahabat Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam.

D. Pengertian Wali Allah

Baca di sini: Pengertian dan Kriteria Wali Allah

Mp3 Kajian Siapakah wali-wali Allah?

Sumber video: Radio Rodja – Tabligh Akbar: Mencintai Wali-Wali Allah (Syaikh Prof. Dr. ‘Abdur Razzaq Al-Badr)

Mari turut menyebarkan kajian “Siapakah wali-wali Allah?” ini di media sosial yang Anda miliki, baik itu facebook, twitter, atau yang lainnya. Semoga bisa menjadi pintu kebaikan bagi kita semua. Barakallahu fiikum..

COMMENTS

%d blogger menyukai ini: