Mengatasi Keminderan Anak

Mengatasi Keminderan Anak

Fiqih Pendidikan Anak ke 67

ceramah tentang gowes

Tulisan tentang “Mengatasi Keminderan Anak” ini adalah catatan faedah dari kajian Islam yang dibawakan oleh  Ustadz Abdullah Zaen, M.A. Hafidzahullahu

Buku 150 Tanya Jawab Anak Muslim Disertai Hadits Tentang Anak
Ceramah Singkat Tentang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Kultum Singkat Tentang Orang Tua Pemadam Kebakaran

Tulisan tentang “Mengatasi Keminderan Anak” ini adalah catatan faedah dari kajian Islam yang dibawakan oleh  Ustadz Abdullah Zaen, M.A. Hafidzahullahu Ta’ala.

Mengatasi Keminderan Anak

Bahwa anak yang minder itu memiliki kecerdasan mental yang rendah, begitu sebaliknya anak yang percaya diri memiliki kecerdasan mental yang tinggi. Masalah keminderan anak, ada yang berkata itu adalah sifat bawaan lahir atau genetik. Memang benar, ada sebagian anak yang memiliki sifat bawaan lahir yaitu sifat minder. Bahkan bukan hanya sifat/karakter anak yang dimiliki anak secara genetik, tetapi bentuk wajah, warna kulit, postur tubuh dan lainya bisa terbentuk secara keturunan atau bawaan.

Baca juga: Mencerdaskan mental anak

Alasan bahwa sifat bawaan ini tidak bisa dirubah dengan alasan bawaan lahir, maka ini tidak bisa dibenarkan oleh agama kita. Banyak sifat yang bisa dibentuk dengan latihan, Rasul Sholallaahu ‘alaihi wassalam bersabda;

إنما الصبر بالتصبر

“Sabar itu dengan latihan bersabar”

انما الحلم بالتحلم

“Lembut itu dengan latihan melembutkan dirinya”

Tentu beda anak yang semenjak lahirnya  memiliki sifat percaya diri dengan anak yang memiliki sifat minder. Proses pembentukan sifat percaya diri akan lebih berat anak yang sejak lahir memiliki sifat mider. Allaah ta’alaa tentu akan lebih menghargai usaha berat yang dilakukan seseorang.

Rasul Sholallaahu ‘alaihi wassalam bersabda,

أجرك على قدر نصبك

“Pahala yang kamu dapatkan sesuai dengan usaha yang kamu lakukan”
Masalah pembetukan sifat bukan hanya pengaruh faktor bawaan lahir, Lingkungan juga berpengaruh dalam hal membentuk karakter anak. Bisa jadi seorang anak akan menjadi semakin minder atau minder nya akan hilang.

Cara Mengatasi Keminderan

1. Membiasakan anak bergaul dengan oranglain

Mebiasakan anak bergaul bisa dengan cara mengajak anak untuk bertemu oranglain atau kita mengundang orang ke rumah. Dengan membiasakan anak bergaul, maka akan ada interaksi anak kita dengan anak lain, bisa dilakukan dengan belajar bersama, bermain bersama, berkunjung ke rumah dan kegiatan positif lainnya.

2. Membiasakan anak untuk berbicara dihadapan orang banyak

Pembiasaan ini memang cukup sulit untuk anak, bahkan orang dewasa saja merasa kesulitan ketika berbicara dihadapan orang. Memang ini membutuhkan proses, proses ini biasa dilakukan di pondok pesantren, jika memang belum bisa memasukan anak ke pesantren maka, bisa kita lakukan di rumah. jika  kita memiliki beberapa anak, pada satu kesempatan biarkan anak untuk berbicara tentang suatu hal kepada kakak/adik dan orangtuanya, begitu seterusnya.

3. Mengikut sertakan anak dalam kegiatan perlombaan bermanfaat

Perlombaan yang tidak menyelisihi syari’at, maka biarkan anak kita ikut serta dalam kegiatan perlombaan itu.  Seperti, perlombaan membaca puisi, mengahafal al Qur’an, Dalam kegiatan perlombaan akan melatih anak menjadi percaya diri akan kemampuanya.

4. Hindari hal-hal yang membuat anak minder

Cara mengatasi anak agar tidak minder adalah menghindari hal-hal yang bisa membuat anak minder seperti:
  • Hinaan dan celaan
  • Dimanja berlebihan
  • Pilih kasih / kurang perhatian kepada anak
  • Cacat fisik
  • Kemiskinan

Video Kajian Mengatasi Keminderan Anak

Download versi mp3: Mengatasi Keminderan Anak – Fiqih Pendidikan Anak (Ustadz Abdullah Zaen, M.A.)

Mari turut menyebarkan catatan kajian tentang “Mengatasi Keminderan Anak” ini di media sosial yang Anda miliki, baik itu facebook, twitter, atau yang lainnya. Semoga bisa menjadi pintu kebaikan bagi yang lain. Barakallahu fiikum..

COMMENTS

Saudaraku, silahkan login atau daftar terlebih dahulu ya. Barakallahu fiik.
%d blogger menyukai ini: