Karomah Wali Yang Terbesar

Karomah Wali Yang Terbesar

pandai mendengar

Karomah Wali Yang Terbesar ini adalah apa yang bisa kami ketik dari tabligh akbar yang disampaikan oleh Syaikh Prof. Dr. 'Abdur Razzaq bin 'Abdil Muhs

5# Hati Yang Bersih Tentram dan Damai dengan Wali Allah
Wali Allah Senantiasa Memurnikan Tauhid dan Ittiba’
Bagaimana cara mencintai wali-wali Allah?

Karomah Wali Yang Terbesar ini adalah apa yang bisa kami ketik dari tabligh akbar yang disampaikan oleh Syaikh Prof. Dr. ‘Abdur Razzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-Badr Hafidzahumullahu Ta’ala.

Lihat sebelumnya:

A. Mencintai Wali-Wali Allah
B. Bagaimana cara mencintai wali-wali Allah?
C. Siapakah wali-wali Allah?
D. Pengertian dan Kriteria Wali Allah
F. Level wali-wali Allah
G. Kesimpulan ciri seorang wali Allah dan penyimpangannya

H. Karomah Wali Yang Terbesar

Menit ke-1:30:26 Satu hal penting yang perlu kita ketahui, bahwa bukan merupakan syarat menjadi wali seseorang harus bisa melakukan hal-hal yang ajaib dan yang aneh-aneh. Karena ada sebagian orang yang mengira bahwasanya  seseorang belum menjadi wali kalau belum bisa melakukan sesuatu yang ajaib atau yang tidak umum di masyarakat, dan ini adalah sebuah kekeliruan.

Allah Subhanahu wa Ta’ala memberikan keajaiban atau yang biasa diistilahkan dengan karomah kepada para waliNya dengan salah satu diantara dua tujuan. Tujuan yang pertama adalah sebagai bukti tentang kejujuran wali tersebut. Yang kedua karena adanya kebutuhan untuk membantu wali tadi. Dan ini semua adalah bentuk penghormatan dan pemuliaan Allah kepada para wali-waliNya.

Dan perlu diketahui bahwasannya karomah yang paling tinggi adalah keistiqamaah seorang hamba kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Jadi kalau ingin tahu karomah yang paling tinggi yaitu ketika seorang hamba taat kepada Allah, bukan dengan hal-hal yang ajaib, aneh atau yang tidak umum.

Makanya kita temukan para sahabat Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam yang mereka adalah para wali Allah, banyak diantara mereka tidak dikaruniai oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala karomah berupa hal-hal yang ajaib tadi.

Jadi sekedar ada sesuatu yang ajaib, ada sesuatu yang aneh, ini bukan barometer utama bahwa seseorang adalah wali. Kenapa bisa demikian? Karena sesuatu yang aneh dan ajaib itu bisa dilakukan dengan bantuan setan. Bisa saja setan membantu manusia untuk melakukan hal-hal ajaib itu.

Maka ukuran utama seorang dianggap wali adalah keistiqamahan dia.

Dan ketika kita sampaikan hal ini, bukan berarti kita tidak percaya adanya karomah. Ada banyak karomah. Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah Rahimahullah menyebutkan banyak cerita tentang karomah para wali-wali Allah. Akan tetapi yang perlu kita ingat, bukan itu ukuran wali. Karena banyak wali yang tidak mendapatkan karomah dari Allah. Dan tidak setiap sesuatu yang ajaib atau aneh itu dari Allah, bisa jadi itu adalah bantuan dari setan.

I. Tiga barometer wali Allah

Baca di sini: Tiga barometer wali Allah

Mp3 Kajian Karomah Wali Yang Terbesar

Sumber video: Radio Rodja – Tabligh Akbar: Mencintai Wali-Wali Allah (Syaikh Prof. Dr. ‘Abdur Razzaq Al-Badr)

Mari turut menyebarkan kajian “Karomah Wali Yang Terbesar” ini di media sosial yang Anda miliki, baik itu facebook, twitter, atau yang lainnya. Semoga bisa menjadi pintu kebaikan bagi kita semua. Barakallahu fiikum..

COMMENTS

%d blogger menyukai ini: